Para peserta terlihat antusias melakoni praktik penentuan arah kiblat dalam Pelatihan Ilmu Falak di MANU Putra Buntet Pesantren, dengan pelbagai alat bantu, yakni teodolit, mizwalah, kompas, segitiga kiblat, GPS dan bantuan data dari komputer. (28/1)
Sebelumnya, pada hari pertama (27/1), para peserta telah belajar menghitung arah kiblat dengan media kalkulator scientific casio fx 350 Ms. Pemateri, mahasiswa jurusan falak IAIN Walisongo Semarang, merekomendasikan kalkulator tersebut karena memiliki kemudahan dalam segi penggunaannya, dalam artian tidak repot. Praktik tersebut merupakan realisasi dari perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya untuk mengetahui pasti arah kiblat dari suatu daerah yang sedang dicari arah kiblatnya.
Wakil Kepala MANU Putra bidang kesiswaan, Fikri Mubarok, S.Pd.I memantau langsung proses belajar para peserta. Begitupula Kepala MANU Putra Buntet Pesantren, H. Ade M. Nasihul Umam, Lc. Terlihat keduanya ikut belajar langsung kepada para mahasiswa jurusan falak tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar