Para peserta Latgab sedang bermain bersama (14/11)

Buntet Pesantren- Gerakan Pramuka Ambalan Mbah Muqoyyim Pangkalan MANU Putra Buntet Pesantren kembali menggelar kegiatan Latihan Gabungan (Latgab) Pramuka Penegak Se-Kwartir Ranting Astanajapura (14/11) yang dimulai pukul 13.30 WIB di Pangkalan MANU Putra Buntet Pesantren. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa Gugus Depan (Gudep) yang berada diwilayah Ranting Astanajapura, yaitu Pramuka MANU Putra Buntet Pesantren, Pramuka MAN Buntet Pesantren, Pramuka SMK Mekanika Buntet Pesantren, Pramuka MA dan SMK Bina Cendekia Mertapada.
Kegiatan ini dibuka oleh Ka Ami Dailami selaku Pembina Gugus Depan Mbah Muqoyyim. Ka Ami berpesan bahwa, momentum ini dijadikan sebagai ajang silaturrahmi antar gugus depan se-kwarran Asnatajapura, dan juga sebagai penguat kegiatan Pramuka di ranting Astanajapura.

“Mari kita jadikan tali silaturrrahmi ini sebagai penguatan kepramukaan, karena mereka yang diluar sana bisa berkembang, kenapa kita tidak bisa.?.mari kita buktikan, bahwa di Astanajapura mempunyai SDM Pramuka yang unggul dan bisa di jadikan pionir bagi kemajuan Pramuka di Indonesia”, tegas Kak Ami.
Dalam kegiatan ini juga menjadi ajang pertemuan beberapa alumni-alumni pramuka yang terdiri dari beberapa gugus depan, yaitu Kak Andi dan Kak Abudzar selaku alumni Pramuka dari pangkalan MANU Putra Buntet Pesantren, Kak Asep Hidayat dan Kak Imam selaku alumni dari MAN Buntet Pesantren, Kak Amah, Kak Nur, Kak Khoirun selaku alumni dari MAAI Mertapada.
Salah satu alumni dari MAAI Mertapada, Kak Khoirun berpesan bahwa kegiatan ini jangan sampai berhenti di sini saja.
Di Pramuka itu banyak kegiatan positif, pengalaman yang besar, dan banyak sahabat di luar sana. Maka dari itu, kita harus berjuang mengembangkan Pramuka di Asjap (kependekan dari Astanajapura) ini. Kita tingkatkan kemampuan teknik kepramukaan kita, kita ciptakan teknologi baru melalui gerakan pramuka”.tegas Kak Khoirun.
Di lain pihak, KaK Andi selaku alumni Pramuka MANU Putra berpesan, di Pramuka banyak pengalaman, banyak kegiatan di luar yang besar dan positif, jangan sampai kita kolot berpramuka karena ilmu Pramuka itu senantiasa berkembang,
“Jangan sampai kecil hati masuk Pramuka. Kegiatan pramuka itu banyak sekali, apalagi kegiatan di luar sana. Ada Raimuna, PPSN (Perkemahan Pramuka Santri Nusantara) dan lain-lain, karena pramuka itu terus menerus berkembang mengikuti zaman”. Pungkas Kak Andi.
Dalam kegiatan latihan gabungan ini, terdiri dari beberapa kegiatan yaitu latihan bareng semaphore, PBB bersama, berbagi pengalaman, perkenalan, permainan, dan lain-lain. Ini semua bertujuan untuk mengembangkan potensi yang ada pada masing-masing anggota Pramuka penegak ranting Astanajapura.
Kegiatan ini ditutup pada pukul 16.30 WIB dengan agenda upacara penutupan letihan gabungan. Dalam hal ini, yang menjadi pembina upacara itu adalah Ka Asep Hidayat selaku alumni pramuka MAN Buntet. Ka Asep berpesan bahwa, jaga terus solidaritas kalian. Tetap semangat dan berjuang memajukan Pramuka di Astanajapura,
“Ingat, jangan putus silaturrahmi kalian, jaga terus persahabatan kalian karena kalau bukan kita semua yang mau mengembangkan Pramuka di Asjap, siapa lagi”, tegas Kak Asep. Setelah itu, diakhiri dengan berfoto bersama dengan para anggota Pramuka penegak se-ranting Astanajapura.

0 komentar:

Posting Komentar