MANU Putra Buntet Pesantren mulai tahun ajaran 2012/2013 membuka jurusan baru untuk kelas XI, yakni jurusan Syari'ah. yang pada tahun ajaran sebelumnya hanya memiliki dua jurusan saja, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Di jurusan Syari'ah tersebut, pelajaran pokoknya meliputi Ilmu Kalam, ilmu tafsir, dan ilmu hadits. Ilmu Kalam ini mempelajari tentang ketauhidan, sebagai guru pengajarnya adalah KH. Salman Al-Farisi, S.Pd.I. Ilmu Tafsir mempelajari tentang kaidah-kaidah penafsiran al-Qur'an, sebagai guru pengajarnya adalah Ust. Ammar Firman Maulana, S.Pd.I. Dan ilmu yang khusus dipelajari di jurusan syari'ah ini adalah Ilmu Hadits, yakni ilmu yang mempelajari tentang kaidah-kaidah hadits dan macamnya, belajarnya menggunakan kitab salaf berupa kitab "Minhatul Mughits", sebagai guru pengajarnya adalah KH. Mufid Dahlan.
Jurusan syari'ah juga mempelajari satu pelajaran khusus lagi yang tidak dipelajari oleh kelas-kelas lain, yakni Ilmu Falak. Ilmu Falak adalah Ilmu yang mempelajari tentang perbintangan sebagai penanggalan tahun hijriyyah. KH. Ahmad Manshur, S.Ag yang sebagai gurunya mengajarkan dengan begitu teliti. Dengan alat berupa kayu berukuran seperempat lingkaran dengan terdapat garis-garis kecil di dalamnya yang biasa disebut dengan Rubu' Al-Mujayyab.
Sebagai Wali Kelas XI Syari'ah ini adalah guru Ilmu Tafsirnya sendiri, yakni Ust. Ammar Firman Maulana, S.Pd.I. Jurusan terbaru ini direspon positif oleh kelas X tahun ajaran yang lalu, dengan jumlah siswanya sekitar 30 siswa.
Semoga dengan adanya jurusan terbaru tersebut (Ilmu Syari'ah), siswa MANU Putra dapat menjadi ahli-ahli dalam bidangnya, terutama yang mencirikan keislamannya dan lebih khusus lagi kepesantrenannya, juga dapat berperan penting di tengah masyarakat nanti.

0 komentar:

Posting Komentar